Cari Materi

Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia

Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel sejarah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia
link : Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia

Baca juga


Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia

sumber internal dan eksternal masuknya islam ke indonesia


Sumber Sejarah Eksternal Masuknya Islam ke Indonesia

1. Berita Arab. Berita Arab diketahui dari para pedagang Arab yang melakukan aktivitasnya dalam bidang perdagangan dengan bangsa Indonesia. Para pedagang Arab ini telah datang ke Indonesia sejak masa Kerajaan Sriwijaya (Abad ke-7 M). Hubungan pedagan Arab untuk Kerajaan Sriwijaya yaitu zabaq, zabay, atau sribusa.

2. Berita Eropa, dibawa oleh Marcopollo (Italia) yang menjadi orang Eropa pertama yang datang ke Indonesia. ketika Marcopollo kembali dari Cina menuju Eropa melalui jalan laut, Marcopollo mendapat tugas dari kaisar Cina untuk mengantarkan putrinya yang dipersembahkan kepada kaisar Romawi. Dalam perjalanan tersebut Marcopollo singgah di Sumatra bagian utara, Di daerah ini Marcopollo menemukan adanya kerajaan Islam yaitu Kerajaan Samudera Pasai.

3. Berita India, para pedagang Gujarat dari India selain melakukan perdagangan juga menyebarkan agama Islam di pesisir pantai..

4. Berita Cina, Ma Huan (Sekretaris Laksamana Cheng Ho) mengatakan bahwa pada tahun 1400 telah ada pedagang-pedagang Islam yang tinggal di pantai utara Jawa.

Sumber Sejarah Internal Masuknya Islam ke Indonesia

Berikut adalah sumber sejarah mengenai masuknya agama Islam ke Indonesia dari sumber internal.

1. Batu nisan Fatimah binti Maimun (1028) sezaman dengan masa Kerajaan Kediri yang bertuliskan Arab di Leran (Gresik). Peniggalan batu nisan ini menjadi bukti bahwa agama Islam sudah masuk ke daerah Jawa Timur.

2. Makam Sultan Malik as-Saleh (1297) di Sumatra (Raja Samudera Pasai). Berdasarkan peninggalan ini dapat disimpulkan bahwa untuk pertama kalinya muncul seorang raja beragama islam dengan gelar "Sultan".

3. Makam Syekh Maulana Mlaik Ibrahim (1419) di Gresik. Jirat makam ini didatangkan dari Gujarat dan berisi tulisan-tulisan Arab.

Dari sumber-sumber tersebut dapat dipastikan bahwa pengaruh Islam di Indonesia telah berkembang sejak masa kerajaan Hindu hingga pada suatu saat perkembangan islam dapat menggeser pengaruh Hindu di Indonesia.


Demikianlah Artikel Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia dengan alamat link http://materi-doc.blogspot.com/2017/05/sumber-sejarah-eksternal-dan-internal.html

1 Response to "Sumber Sejarah Eksternal dan Internal Masuknya Agama Islam ke Indonesia"