Judul : Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi
link : Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi
Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi
Pada artikel sebelumnya mengenai asesmen formatif dan sumatif kita sempat menyebutkan istilah tes dan evaluasi selain asesmen itu sendiri. Ketiga istilah ini sering kali dicampur aduk dan disamakan. Padahal sebenarnya tidaklah demikian, ketiganya memiliki arti yang berbeda sehingga pelaksanaannya pun berbeda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan ketiganya.
Asesmen adalah proses (berbagai prosedur) untuk memperoleh informasi mengenai kondisi atau hasil belajar belajar siswa. Hasil dari asesmen adalah nilai dan deskripsi mengenai hasil belajar siswa hingga suatu tahap tertentu. Untuk melakukan asesmen kita membutuhkan tes yaitu instrumen atau prosedur yang sistematis untuk mengukur perilaku/keterampilan/kognisi (sebagai sampel dari hasil belajar) dengan memberikan beberapa pertanyaan. Hasil dari tes adalah angka-angka mentah (skor) yang nantinya akan dikonversi menjadi nilai.
Asesmen dapat dilakukan dengan menggunakan tes, namun ada kalanya juga menggunakan prosedur atau instrumen non tes seperti observasi, wawancara atau lembar cheklist. Apakah menggunakan tes atau non tes, bergantung pada aspek apa yang akan diukur dan dinilai. Hal ini berkaitan dengan tujuan pembelajaran serta strategi yang digunakan.
Hasil dari asesmen pada akhirnya akan menjadi dasar dari suatu proses evaluasi yaitu suatu pengambilan keputusan mengenai ketercapaian tujuan-tujuan dari suatu program pembelajaran. Hasil dari evaluasi adalah keputusan apakah tujuan program sudah tercapai atau belum, dan juga rekomendasi terkait dengan kelanjutan program ke depan. Apakah program layak untuk dilanjutkan, diperbaiki atau bahkan dihentikan dengan berbagai pertimbangan yang jelas.
Posisi tes, asesmen dan evaluasi berdasar keluasan hasilnya
Asesmen, tes dan evalusi memang memiliki keterkaitan dalam proses pelaksanaannya. Namun ketiganya bukanlah hal yang sama.
Referensi:
Miller, M. David., Linn, Robert L., Gronlund, Norman E. (2009) Measurement and Assessment in Teaching. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.
Demikianlah Artikel Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini
Sekianlah artikel dengan judul Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...
Anda sekarang membaca artikel Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi dengan alamat link https://materi-doc.blogspot.com/2016/09/perbedaan-asesmen-tes-dan-evaluasi.html
0 Response to "Perbedaan Asesmen, Tes dan Evaluasi"
Posting Komentar