Cari Materi

Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi

Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi
link : Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi

Baca juga


Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi

Selamat malam sob !!!,Pada postingan kali ini admin akan meberitahu kepada sobat semua tentang cara membuat animasi dan apa sih animasi itu sob ,oke tidak usah bertele-tele langsung saja kita ke pembahasan.

Animasi merupakan objek bergerak yang memiliki bentuk dari sekumpulan gambar yang ditata secara beraturan mengikuti alur pergerakan,dan memiliki banyak frame. Gambar gambar tersebut dapat berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses dalam pembuatannya animator harus menggunakan imajinasinya untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal sampai dalam keadaan akhir. 

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan sob dalam pembuatan animasi, yaitu Objek dan alur gerak. Animasi adalah teknik menampakkan gambar secara berurutan agar penikmat dapat menikmati adanya ilusi gerakan atau motion. Secara umum ilusi gerakan ialah perubahan secara visual oleh mata penikmat,sehingga. Perubahan warna pun bisa disebut sebuah animasi.

Ada dua kelompok Pada bidang grafika pemodelan visual yaitu Pemodelan Geometrik dan Pemodelan Penampilan (appearance). Pemodelan geometrik ini sendiri ialah representasi dari bentuk objek yang mau sobat ditampilkan dan pemodelan penampilan membuat representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. sifat visual ini misalnya warna dan tekstur. 

Animasi Flash

Animasi Flash memiliki  2 cara dalam membuat animasi pada Flash,ada animasi frame by frame dan animasi tweening. Animasi frame-by-frame, sopbat dapat membuat gambar pada setiap frame. Pada animasi tweening, sobat cuma membuat frame awal dan frame akhir. Animasi tween merupakan cara yang baik untuk sobat dalam gerakan dan perubahan dalam movie dengan file yang relatif kecil.

Animasi Frame by Frame

ialah membuat sebuah  pergerakan gambar atau objek yang diam (still image) frame demi frame-nya.Dari kesimpulan ini sobat semua dapat mempelajari cara membuat melintas pada Stage, mengubah ukuran, memutar, mengubah warna dan mengganti bentuk. dalam pembuatan animasi ada beberapa istilah yaitu :
  1. Frame bisa diperumpamakan seperti pada film, film ialah sekumpulan objek yang dimainkan dengan kecepatan tertentu secara ber-urutan, agar objek  tersebut terlihat bergerak .
  2. Keyframe merupakan frame dimana sobat dapat menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Di animasi tween, sobat bisa membuat keyframe di titik yang terpenting yang terletak di dalam Timeline. 
  3. BlankKeyframe ini sobat dapat menyiapkan frame yang kosong yang dapat sobat isi dengan objek lain atau objek baru, jika sobat menggambar sebuah objek, blank keyframe sudah terisi dengan objek. Blank keyframe memiliki tanda dengan titik bulat putih yang terletak pada frame.


Macam-macan Animasi diantaranya:

1. Motion Path

Dengan sobat  menggunakan motion path  sobat dapat membuat symbol bergerak yang mengikuti bentuk lintasan yang sulit.Jika sobat ingin membuat garis untuk lintasasn gerak objek  maka sobat dapat menggunakan Motion Guide. Layer Guide ini ditandai dengan adanya ikon guide yang terletak disebelah nama layer.

2. Animasi Margue

Animasi margue merupakan munculnya suatu teks pada bagian kanan layar, dan kemudian begerak menuju ke kiri layar dan menghilang,dan begitu pula seterusnya.

3. Animasi Transparan

Animasi transparan ini sering digunakan untuk melakukan pergantian animasi satu ke lainnya sehingga animasi yang berpindah akan kelihatan  halus.Animasi Transparan ini ialah animasi yang terlihat secara transparan dan kemudian perlahan demi perlahan akan menghilang. 

4. Animasi Fade

Animasi fade merupakan animasi yang pemudaran. Animasi fade ini dapat terbagi atas dua, yaitu ada : fade in yakni pemudaran ke dalam dan ada fade out yang artinya pemudaran keluar

5. Animasi Rotasi

Animasi rotasi merupakan animasi yang berputar baik itu berbentuk objek atau teks, misalnya, jam, kincir angin, putaran roda, dan sebagainyasobat dapat memutarnya searah dengan jarum jam (CW : Clock Wise) ataupun berbeda arah dengan arah jarum jam (CCW : Counter Clock Wise).

6. Animasi Blink

Blink merupuakan animasi yang berkedip atau berkelip, misalnya bintang di langit atau lampu disco, animasi blink biasanya digunakan untuk membuat banner karena untuk dalam menarik perhatian sangatlah efektif.

7. Animasi Shape

Animasi ini juga sering disebut efek Morph
Animasi shape merupakan perubahan yang terjadi pada suatu objek  ke objek lain dan suatu objek dapat menjadi teks ataupun sebaliknya.

8. Animasi Masking

Masking adalah suatu objek dengan objek lain yang disembunyikan atau ditutupi., sehinga yang di tutupi objek akan terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutup

Menguasai cara Menggambar Kunci Animasi

Cara membuat file flash yang dapat sobat lakukan diantaranya sebagai berikut:
  1. Yang pertama yang dapat sobat lakukan adalah membuat objek kunci yang akan di animasikan.
  2. Yang kedua, Scann objek kunci yang tadi dibuat dan kemudian import melalui photoshop,lalu sobat ubah format fotonya agar menjadi format gambar,dan kemudian simpan hasil scann tersebut.;
  3. Selanjutnya,Sobat Bukalah adobe flash,dan sobat buka lembar baru lalu dengan cara Ctrl+R untuk memasukkan objek,dan sobat dapat klik Modify lalu pilih bitmap dan lalu trace bitmap kemudian blok gambar lalu ubahlah ukuran objek dan di animasikan. Jika sobat ingin mengetahui hasilnya tekan Crtl+enter
  4. Simpan file tersebut.


Memasukan flash ke dreamweaver

  1. Yang harus sobat lakukan yaitu Buka terlebih dahulu adobe dreamweaver
  2. Agar flash masuk ke dalam dreamweaver ada beberapa yang harus sobat lakukan yaitu :

Pertama Pilih terlebih dahulu di tempat yg biasanya sobat gunakan untuk meletakan image. untuk meletakan flash

Sobat dapat Klik common lalu klik icon flash di deretan common bisa juga  di sebelah kanan image
Kemudian Pilih file flash sobat yang telah disiapkan dan masukan ke dalam dreamweaver
Lalu tekan F12 untuk preview hasilnya.

Menguasai Bagaimana Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi

Pengertian Animasi

Animasi atau yang disebut Animate. Kata animate berasal dari bahasa inggris yang artinya menghidupkan, mengerakkan benda mati
Animasi ialah proses membuat gambar dengan suatu benda mati dengan cara berurutan dalam posisi yang berbeda-beda yang seolah-olah hidup

Prinsip dasar animasi merupakan dari karakter mata manusia yaitu : persistence of vision (pola penglihatan yang teratur)

Paul roget, joseph plateau dan pierre desvigenes, Membuktikan jika mata manusia cenderung menangkap gambar secara berurutan pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola melalui peralatan optik yang di ciptakan mereka, 
                
Dulu animasi sangatlah sederhana, tetapi sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis, di antaranya sebagaio berikut :
  • Animasi dua dimensi (2D)
  • Animasi tiga dimensi (3D)
  • Animasi clay

Animasi (2D),dan juga disebut film kartu. Kata Kartu ini berasal dari kata cartoon, yang artinya gambar yang lucu. Biasanya film kartun ini kebanyakan film kartun yang lucu contohnya pada kartun Doraemon legenda ,Looney Tunes Scooby Doo, ,Raja Matahari,The Lion King,Brother Bear.

Animasi 3D

Finding nemo, ini  merupakan contoh film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image (CGI). Computer Generated Image dapat  menghasilkan sebuah film animasi yang gambarnya terlihat benar-benar hidup dan tiga dimensi, bukan sekedar datar. Salah satu studio Computer Generated Image yang berlokasi di Emeryville California merupakan CGI yang terbesar ,. Selain finding nemo,Ada pixar yang juga memproduksi Monster.inc,Toy Story,Toy Story 2, dan A Bugs life, Toy Story ini adalah film animasi panjang pertama dengan menggunakan 100 persen animasi computer.

Animasi Clay

Pada tahun 1908 di bulan februari Film animasi clay pertama merilis sebuah film yang berjudul A sculptor’s Welsh Rarebit Nightmare. Kalau sobat masih bingung seperti apa sih animasi clay ini, tonton saja film Bob the Builder di tv, Wallace and Gromit, atau chiken run

Dalam animasi clay ini tokoh-tokoh dibuat dengan glalu,kerangka tubuhnya. Lalu, kerangka ini di tutupi dengan plasticine yang di sesuai dengan bentuk tokoh yang ingin di buat. Bagian tubuh pada kerangkanya. 

Nah itulah sob beberapa cara bagaimana menggambar kunci animasi yang dapat admin berikan,Semoga dari postingan di atas sobat-sobat semua dapat memahaminya,kalau begitu sob admin undur diri sampai jumpa di postingan berikutnya Trimakasih. 


Demikianlah Artikel Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi dengan alamat link https://materi-doc.blogspot.com/2017/01/cara-menggambar-kunci-animasi-dan-macam.html

0 Response to "Cara Menggambar Kunci Animasi dan Macam-macam Animasi"

Posting Komentar