Cari Materi

Teknik dan Perancangan Animasi

Teknik dan Perancangan Animasi - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Teknik dan Perancangan Animasi untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Teknik dan Perancangan Animasi
link : Teknik dan Perancangan Animasi

Baca juga


Teknik dan Perancangan Animasi

Teknik Dan Perancangan Animasi -  Hay sob,Apa Kabar !!! Jumpa lagi nih dengan admin.Dan kali ini admin akan menyampaikan kepada sobat teknik dan perancangan animasi,Oke kalau begitu kita ke pembahasan.
Teknik dan Perancangan Animasi

Pengertian Animasi

Animasi merupakan Suatu tahap di dalam pembuatan efek gerakan atau perubahan pada jangka waktu tertentu.

Animasi adalah suatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu tertentu. Pengertian lain tentang animasi ialah pembuatan gambar atau isi  yang berbeda-beda pada setiap frame, yang kemudian dijalankan rangkaian frame tersebut menjadi sebuah motion atau gerakan yang terlihat pada sebuah film.

Animasi merupakan sebuah objek atau beberapa objek yang muncul dan bergerak melintasi stage atau perubahan bentuk, perubahan ukuran, perubahan warna, perubahan putaran, perubahan properti-properti lainnya. Pendapat ini di kemukakan oleh  Andreas Andi Suciadi.

Teknik-teknik Animasi

Ada dua teknik animasi yaitu sebagai berikut.

a. Teknik frame by frame animation


Teknik frame by frame animation merupakan animasi yang tekniknya dilakukan dengan bentuk gambar yang membuat gambar tersebut berbeda pada setiap frame-nya.

b. Teknik tweened animation


Teknik tweened animation merupakan teknik animasi yang dimana dalam proses animasi dilakukan dengan menentukan posisi frame awal dan frame akhir. Teknik tweened animation mempunyai beberapa kelebihan, yaitu di antaranya:
  • Mempercepat waktu kerja-
  • Mengurangi ukuran file sebab di  setiap isi yang terdapat pada frame tidak perlu disimpan.

Perancangan Animasi

Menurut Burmansyah Bustaman , ada 6 hal yang penting dalam merancang animasi yang efektif dan interaktif, Di antaranya:

1. Symbol dan Symbol Editor

Symbol yang telah di kerjakan kemudian dijadikan master lalu di simpan di dalam library movie, symbol ini juga dapat di pakai berkali-kali tidak harus takut Ukuran file dalam Flash. Di dalam aplikasi flash ini, simbol editor akan pisah dari stage.

2. Animasi

Animasi akan selesai dengan mengatur isi beberapa frame secara berurutan pada jangka waktu tertentu, animasi ini bisa berupa frame-by-frame animation yang diperoleh dengan cara mengubah isi dada tiap-tiap  frame secara berurutan.

3. Sound


Unsur interaksi dan suara merupakan Maksud utama dalam membuat animasi multimedia pada flash yang unsure suara bisa mengisi kekosongan yang ada pada pekerjaan animasi.

4. Action Script


Menurut Tito Riberu, action script adalah bahasa pemograman pada komputer yang terintegrasi pada  perangkat lunak perancangan animasi flash. Bahasanya menggunakan bahasa pemograman yang dipakai dalam merancang animasi mulai macromedia flash rilis 2.0 hingga saat ini yang terakhir

5. Publikasi Flash

Publikasi flash merupakan Maksud yang ingin diperoleh  dari yang kita buat,yang akhirnya akan di nikmati oleh setiap orang, baik itu berupa presentasi , cd interaktif ataupun berupa situs.

6. Flash dan HTML

Ke enam Flash dan HTML  merupakan dijadikannya fungsi sebagai movie pada web browser, seperti pada flash movie  yang di letakkan kedalam halaman HTML.
Itulah beberapa teknik dan perancang animasi,Sekian dari Admin, Sampai Jumpa…!

Artikel Lainnya :


Demikianlah Artikel Teknik dan Perancangan Animasi dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Teknik dan Perancangan Animasi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Teknik dan Perancangan Animasi dengan alamat link https://materi-doc.blogspot.com/2017/01/teknik-dan-perancangan-animasi.html

0 Response to "Teknik dan Perancangan Animasi"

Posting Komentar