Cari Materi

Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak

Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Bahasa Indonesia, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak
link : Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak

Baca juga


Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak

Halo sobat kali ini admin akan memberikan kalian semua ringkasan (rangkuman) dari teks cerpen yang berjudul "Juru Masak". Pada buku paket kelas 11 SMA, ada sebuah teks cerita pendek karya Damhuri Muhammad yang berjudul Juru Masak. Berikut ini adalah ringkasannya.

Ringkasan Teks Cerpen "Juru Masak"


Makaji adalah seorang juru masak yang terkenal dan patut diperhitungkan di desanya, Lareh Panjang. Tanpa kehadiran Makaji, sebuah perhelatan kenduri tidak akan meriah danmemuaskan para tamu undangan. Walaupun begitu, Makaji tak pernah pandang bulu dalammelayani pesanan masyarakat Lareh Panjang.

ringkasan cerpen juru masak

Ketika usianya mulai senja, Arial anak Makaji mengajaknya untuk tinggal bersama di Jakarta. Namun, Makaji bimbang memikirkan hanya ada satu juru masak di desanya. Sehingga ia meminta pada Azrial untuk diberikan satu kesempatan lagi memasak dalam kenduri milik anak Mangkudun. Ketika Azrial mengetahui tentang hal ini, pikirannya kembali ke kisah masa lalunya yang kelam.


Masih segar di ingatan Azrial bagaimana hubungannya dengan Renggogeni, anak Mangkudun tidak disetujui oleh Mangkudun. Azrial berusaha melupakan segalanya dan merantau hingga sukses dan memiliki sebuah rumah makan dan 24 anak buah. Tepat 2 hari sebelum perhelatan kenduri Renggogeni diadakan, Azrial mengajak Makaji ke Jakarta. Cerita ini pun sampai ke telinga Renggogeni. Renggogeni bisa membayangkan bagaiamana terpiuhnya hati Azrial mengetahui dirinya dipinang orang lain.



Demikianlah Artikel Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak dengan alamat link https://materi-doc.blogspot.com/2017/04/ringkasan-teks-cerpen-juru-masak.html

0 Response to "Ringkasan Teks Cerpen Juru Masak"

Posting Komentar