Cari Materi

Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya

Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya - Hallo bapak/ibu guru dan juga pengunjung lain, selamat datang kembali di blog edukasi KUMPULAN MATERI PELAJARAN, Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah materi dengan judul Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya untuk bapak/ibu guru dan pengunjung lain, semoga materi ini bisa membantu dalam kegiatan belajar mengajar.. Artikel Materi Multimedia, Artikel Multimedia Kelas X, yang kami tulis ini dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya, artikel maupun materi yang kami bagikan boleh di gandakan maupun di salin ke media lain..

Judul : Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya
link : Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya

Baca juga


Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya

Pengertian Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis berasal dari perpustakaan. desain grafis berasal dari dua kata yaitu buah dan Desain Grafis, kata desain berarti proses atau bertindak untuk mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sementara grafis yang titik-titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. 
Pengertian Lengkap Tentang Desain Grafis Beserta Macamnya

Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari bias individu menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar,

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni desain dalam pengembangan grafis komputer desain dibantu dalam merancang suatu objek.

Desain biasanya diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan banyak prestasi kreatif lainnya. Dalam kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda dan kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" berarti "untuk membuat proses dan membuat objek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menggambarkan hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud rencana, proposal, atau bentuk benda nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek-aspek dari fungsi, estetika dan berbagai aspek lainnya, yang diperoleh biasanya data dari penelitian, berpikir, brainstorming, atau dari yang sudah ada desain. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga istilah "proses desain".

Grafis adalah cara-cara mengekspresikan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar direproduksi melalui proses pencetakan untuk disampaikan kepada penonton. Contohnya adalah: foto, gambar / drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi dan warna.

Di Indonesia, kata "grafis" sering dikaitkan dengan seni grafis (seni grafis) dan desain grafis atau desain komunikasi visual.

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, gambar teks juga dianggap sebagai abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (desain), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif visual dan keterampilan, termasuk tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

desainer grafis sering disebut Desainer Grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, grafis atau gerak. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk penampilan agar terlihat menarik, yang dapat diterapkan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

desainer grafis bertugas untuk memberikan informasi yang diinginkan oleh produk / klien dalam bentuk desain yang menarik. 

Seorang desainer harus memiliki minimal tujuh (7) Dimensi Ilmiah adalah:

1.    wawasan teknologi

2.    wawasan Sains

3.    wawasan seni

4.    Sosial dan Budaya Wawasan

5.    wawasan Filsafat dan Etika

Titik 1-5 digunakan untuk menentukan ruang lingkup dimaksudkan bekerja sesuai dengan target tertentu.

6.    Kemampuan jika nirmana

Digunakan untuk membuat pekerjaan grafis yang menarik pada saat yang sama memiliki fungsi dan manfaat sesuai.

7.    Desain Grafis Software

Digunakan untuk mengimplementasikan gagasan penciptaan grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya. (Full artikel di kemampuan yang dibutuhkan desainer grafis)

Banyak software yang digunakan dalam dunia Desain Grafis adalah: Adobe Photoshop, Corel Draw, Illustrator dll ... jadi Desainer Grafis dapat memilih software andalannya Desain bekerja pada proyek.


Demikianlah Artikel Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya dari kami untuk bapak/ibu guru dan juga pengunjung blog edukasi ini

Sekianlah artikel dengan judul Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk pengunjung sekalian, seperti orang bijak mengatakan "membaca adalah jendela dunia" maka dari itu simpan dan ingat alamat blog ini dan datanglah kembali untuk mencari materi yang lain dan bacalah agar kita bisa menambah wawaan dan memajukan anak didik kita.., sampai jumpa di artikel lainya...

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya dengan alamat link https://materi-doc.blogspot.com/2017/03/pengertian-desain-grafis-beserta.html

1 Response to "Pengertian Desain Grafis Beserta Macamnya"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Desain. Desain merupakan suatu aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam berbagai hal. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Desain yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    BalasHapus